Kumpulan catatan harian

Rabu, 10 September 2008

Kiat-Kiat memilih LCD

Berikut ini beberapa faktor yang bisa dijadikan panduan dalam memilih LCD

1. Resolusi tampilan, berbeda dengan CRT yang bisa diatur resolusinya sesuka hati, LCD memiliki resolusi khusus yang didukungnya untuk mendapatkan tampilan terbaik sesuai dengan ukuran fisik layarnya.

2. Kepadatan titik (dot pitch), adalah jarak titik tengah dari dua titik pixel yang bersebelahan. Semakin kecil jarak ini, gambar yang dihasilkan akan semakin tajam.

3. Ukuran efektif layar, kalau sudah bicara masalah ukuran, yang biasannya ditentukan dari jarak diagonal dua sudut.

4. Response time, ini adalah waktu minimum yang dibutuhkan untuk mengubah warna atau kecerahan yang ditampilkan layar. Response time yang semakin kecil akan semakin baik.

5. Refresh rate, ini adalah ukuran untuk menentukan berapa kali dalam satu detik sang monitor akan memperbaharui data yang diberikan padannya. Televisi teknologi LCD yang terbaru memiliki waktu pembaharuan data sebesar 120 Hz.

6. Tipe matriks yang digunakan, aktif atau pasif.

7. Sudut tonton (viewing angle), seperti yang dijelaskan di atas, semakin lebar sudut ini semakin baik karena pengguna akan semakin bebas untuk melihat tampilan dari mana saja.

8. Dukungan warna, semakin banyak warna yang didukung akan semakin bagus tampilannya.

9. Kecerahan (Brightness), seberapa kuat cahaya yang dipancarkan dari monitor.

10. Rasio kontras, seberapa jauh perbandingan dari tampilan yang paling gelap ke tampilan yang paling terang. Semakin besar semakin baik.

11. Rasio ukuran layar (Aspect ratio), ini adalah perbandingan antara panjang dan lebar layar. Rasio umum yang digunakan adalah 4:3, 16:9, 16:10. Dari sini juga muncul istilah "widescreen" dimana perbandingan panjang layar jauh lebih besar dibandingkan dengan lebar layar.

12. Port input yang digunakan, hati-hati dengan yang ini bisa-bisa monitor yang anda beli tidak bisa terhubung ke komputer. Yang paling aman adalah memilih monitor yang mendukung banyak port. T+ipe port yang umum di pasaran adalah DVI, VGA, LVDS, S-Video, dan HDMI.

source : PCplus





Share:

0 komentar:

Posting Komentar