Kumpulan catatan harian

Senin, 08 September 2008

Macam-macam koneksi monitor

DVI
DVI(Digital Visual Interface) merupakan antarmuka video yang didesain untuk memaksimalkan kualitas perangkat display digital seperti LCD dan proyektor. DVI didesain untuk menampilkan data video digital yang tidak dikompres ke layar. Ada 3 tipe DVI, yaitu DVI-D (khusus data digital), DVI-A (khusus data analog), dan DVI-I (bisa digital bisa analog). Bandwidth yang dimiliki DVI bisa mencapai 3,96 Gb/detik pada single link.

D-SUB/VGA
Ini koneksi yang digunakan pada banyak monitor. VGA sebenarnya adalah teknologi analog, meskipun data yang dilewatkan harus diubah ke data digital. kualitas gambar DVI sebenarnya lebih baik ketimbang VGA. Namun sering kali perbedaan kualitas itu tidak nyata.

HDMI
Monitor baru kebanyakan dilengkapi dengan koneksi HDMI(High Definition Multimedia Interface). Monitor yang dilengkapi dengan koneksi ini dapat digunakan untuk menonton film definisi tinggi(HD). Syaratnya kartu grafis yang digunakan pada komputer harus mendukung HDMI. Bandwidth yang bisa diberikan adalah 10,2Gb/detik pada 340 megapiksel/detik.

USB
Koneksi USB tidak dagunakan untuk menghubungkan ke komputer, melainkan ke perangkat USB, seperti kamera digitak dan USB flash disk. Fungsinya untuk melihat gambar yang ada di kamera digital atau USB flash disk itu. Jadi gambar tidak perlu ditransfer dulu ke komputer.

source : PCplus



Share:

0 komentar:

Posting Komentar