Kumpulan catatan harian

Senin, 08 September 2008

Prossesor Baru INTEL ATOM

Perusahaan raksasa Intel kembali meluncurkan salah satu prossesor yang di klaimnya sebagai prosesor terkecil yang dibuat dengan transistor terkecil di dunia. Prosesor tersebut di beri nama Intel Atom. Intel Atom dibuat dengan menggunakan teknologi 45 nanometer. Dengan ukuran kurang dari 26 milimeter persegi dan mengandung 47 juta transistor.
Selain ukurannya yang kecil prosesor ini juga mengkonsumsi daya yang kecil. Pada penggunaan perangkat bergerak hanya membutuhkan daya antara kurang dari 1 watt-2,5 watt. karena penggunaan daya yang kecil itu, perangkat yang menggunakan Intel Atom jadi irit baterai.
Penggunaan prosesor ini mengarah kepada netbook dan nettop. Netbook sendiri merupakan perangkat yang mirip notebook hanya saja berukuran kecil dan digunakan khusus untuk berinternet. Contoh netbook yang sudah ada di Indonesia dan sudah menggunakan Intel Atom adalah Asus Eee PC 902, MSI Wind, Axioo Pico dan Acer Aspire One. Nettop juga hanya digunakan untuk berinternet, tapi nettop bukan perangkat bergerak.
Prosesor Intel Atom ini tidak mengadaptasi arsitektur prosesor yang sudah ada, tapi menggunakan desain arsitektur yang benar-benar baru.
Selain hemat energi, prosesor ini juga memberikan performa yang baik. Intel Atom memiliki FSB (front side bus) yang memiliki kecepatan sampai 533 Mhz untuk mempercepat transfer data. Prosesor ini juga mendukung multi-threading. Performa multimedia dan game juga digenjot dengan adanya dukungan untuk Streaming SIMD Extentions 3 (SSE3).
Tapi, jangan harap game 3 dimensi bisa berjalan mulus di perangkat Atom. Maklum saja, Atom dibuat untuk berinternet.

source : PCplus



Share:

0 komentar:

Posting Komentar