Kumpulan catatan harian

Sabtu, 22 November 2008

Internet Surfing Baik untuk Perkembangan Remaja

WASHINGTON - Kontroversi mengenai pengaruh internet, dan game online masih terus menjadi perdebatan beberapa peneliti hingga saat ini. Banyak peneliti yang menyatakan Internet dapat berdampak buruk bagi kehidupan remaja, seperti sikap antisosial.

Namun, sebuah survey di Amerika Serikat membuktikan jika berselancar di dunia maya, bermain game online, dan bermain situs jejaring sosial justru baik bagi perkembangan remaja.

Digital Youth Project yang disponsori MacArthur Foundation selama tiga tahun berhasil membuktikan internet baik bagi perkembangan remaja. Proyek yang dilakukan selama tiga tahun itu melibatkan 800 remaja dan Orang tua untuk mengetahui peningkatan kemampuan teknologi remaja.

"Menghabiskan waktu di internet membuat mereka belajar meningkatkan kemampuan teknologi yang sangat bermanfaat. Hal ini juga mematahkan anggapan para orangtua yang menyatakan bermain internet hanya membuang waktu saja," kata peneliti Digital Youth Project, Dr Mimi Ito Seperti dikutip dari BBC, Jumat (21/11/2008).

Menurut Mimi, para remaja yang menghabiskan waktu untuk online, mampu belajar berkomunikasi secara online, atau membuat situs. Penelitian selama tiga tahun itu, menunjukkan para responden menghabiskan waktu sekira 5000 jam. Selama periode tersebut, kreativitas remaja dinilai mengalami peningkatan mulai dari kemampuan menulis, hingga video editing.

source : okezone.com





Share:

0 komentar:

Posting Komentar