Kumpulan catatan harian

Kamis, 25 Oktober 2012

10 Tips dalam Pembuatan Software

sumber gambar http://www.axiossystems.com/en/images/solutions/service-management-software.jpg

1.Konsisten pada semua form
Dalam pembuatan software, selalu perhatikan dalam segi konsistensi. Seperti alur, bentuk dan desain haruslah sama dalam setiap form. Hal ini berfungsi untuk memudahkan user baru dalam mempelajari alur sistem. Saya memiliki contoh bagaimana membuat setiap form dalam melakukan pengeditan harus mencentang MODE EDIT. Selain itu dalam segi desain, cobalah untuk memberikan ornamen yang sama pada bagian atas form.
2.Berikan keterangan pada tabel / gridview kosong
Sering kali programmer selalu membuat software dengan memberikan nilai sample pada database, sehinggal tidak memperhitungkan jika data tersebut kosong. Selalu berikan keterangan kosong pada setiap tabel / gridview untuk membantu memberikan informasi pada user.
3.Buatlah splash screen untuk mengawali program berjalan
Splash screen bagi saya memiliki berbagai fungsi. Fungsi utama adalah untuk menghindari kebingungan user saat mulai menjalankan program dan program tersebut tidak muncul – muncul karena masih memuat data dan form. Dengan adanya splash screen program akan menjalankan splash screen terlebih dahulu sampai program benar – benar berjalan. Selain itu dapat digunakan sebagai petunjuk atau keterangan mengenai nama, versi dan pembuat program.
4.Selalu berikan loading pada setiap load data
Memberikan loading pada setiap form sangat penting. Apalagi jika form tersebut harus melakukan load data dari database yang cukup banyak. Hal ini berfungsi agar user tidak melakukan klik proses yang lain sebelum form benar – benar selesai melakukan load data. Loading bisa berbentung wait cursor ataupun loading screen.
5.Cobalah dengan tata letak menu yang tidak biasa
Sering kali programmer memandang sebelah mata tentang desain. Padahal desain sebuah software adalah kesan pertama yang akan dirasakan user saat pertama kali menggunakan program. Dengan membuat desain yang berbeda pada tampilan menu, bisa menjadi alternatif desain yang menarik.
6.Gelapkan / Blur-kan tampilan belakang jika ada form show
Fungsinya untuk menghindari kerancuhan pada tampilan software, seperti tampilan menu utama dan bertumpuk dengan tampilan form profilsaat form profil dipanggil (show dialog), sehingga terlihat membingunkan bagi user. Selalu berikan blur atau gelapkan tampilan form yang berada dibelakang, sehingga form yang tampil didepannya dapat terlihat lebih bersih dan jelas.
7.Berikan tooltip pada bagian – bagian yang mungkin membutuhkan keterangan lebih
Untuk fitur – fitur atau tombol – tombol yang membutuhkan keterangan lebih, selalu gunakan tooltip untuk mengatasi hal tersebut. Sehingga user dapat melihat langsung fungsi dari fitur atau tombol tersebut.
8.Jangan lupakan shortcut
Shorcut merupakan fitur yang sangat membantu bagi user yang telah terbiasa dengan software yang programmer buat. Seperti tombol save (crtl+s), edit (crtl+e) dan kembali ke home (crtl+h), dapat diberikan shortcut.
9.Berikan fitur find pada tabel yang memuat data banyak
Seringkali progammer memaparkan data dengan tampilan gridview / tabel. Saat data sudah mencapai angka 100 atau lebih, user akan kesulitan untuk mencari data yang diinginkan. Programmer dapat memberikan fitur FIND yang dapat digunakan user untuk mencari data yang diinginkan dengan cepat.
10.Jangan abaikan fitur HELP
Dokumentasi dan alur program harus ada pada setiap software. Hal ini berfungsi bagi user yang baru atau awam dalam menggunakan software buatan programmer.
sumber : www.kaskus.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar