Kumpulan catatan harian

Minggu, 04 November 2012

Tips Mengelola Gaji


Harga-harga terus naik. Biaya sehari-hari terus bertambah. Tapi gaji jarang sekali bertambahnya. Hal tersebut pasti ada dibenak banyak orang. Beberapa orang bahkan menghabiskan gajinya sebelum waktunya. Nah lho kurangnya dapat darimana coba. Daripada kita pusing menghadapi hal tersebut lebih baik gaji dikelola secara benar dan tepat. Berikut beberapa tips dalam mengelola gaji.

1. Sisihkan Gaji 
Sisihkan 10 sampai 30 persen gaji setelah menerima gaji, lalu simpan di rekening bank yang khusus untuk menabung. Usahakan jangan pernah memakai uang yang berada di bank tersebut. Agar tidak tergoda untuk melakukan penarikan uang, jangan membuat fasilitas kartu ATM pada akun bank tersebut. Nah kalau bisa 2,5 persenya untuk zakat.

2. Buat Prioritas
Membuat prioritas dalam pengeluaran. Dahulukan membayar tagihan-tagihan yang sifatnya wajib seperti listrik, telepon, biaya sekolah anak, dll. Apabila tagihan tersebut lebih besar dari pendapatan anda berarti anda harus melakukan penghematan besar-besaran. 

3. Bijak Berbelanja
Jangan membeli berdasarkan keinginan, namun berdasarkan kebutuhan. Jangan pula tergiur dengan diskon-diskon yang ada di pusat perbelanjaan. Karena kalau dihitung hasilnya sama saja seperti saat dulu sebelum didiskon. Kurangi belanja yang memang belum diperlukan. Lebih baik digunakan untuk keperluan yang penting atau bahkan bisa diinvestasikan.

4. Investasi
Investasikan gaji dengan mengikuti asuransi, bermain reksadana atau mendepositokan uang yang bisa ditarik sesuai persetujuan. Dengan cara ini sama saja seperti agan menabung disiplin.

Mudah bukan tipsnya. Semoga bermanfaat dan sukses ^_^.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar