Kumpulan catatan harian

Jumat, 15 Mei 2015

Volume Air dibumi Tidak Bertambah dan Berkurang tapi Kenapa terjadi Banjir?

Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Banjir biasanya diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi di daerah yang resapan airnya rendah. Tapi beberapa disebabkan oleh bencana alam, seperti tanggul jebol, pasang laut, lahar dingin letusan gunung, dll.

Seperti yang kita ketahui bahwa volume air dibumi tidak bertambah dan berkurang, tapi hanya berubah wujud. Air dibumi ada yang berbentuk es dan awan. Yang cair terdapat di laut, sungai, dah dalam tanah. Siklus air biasa disebut siklus hidrologi.

Pada musim panas air akan menguap dan membentuk awan. Dan pada musim hujan awan akan berubah menjadi air membasahi daratan dan lautan. Didaratan air akan mengalir atau menyerap kedalam tanah. Yang mengalir inilah yang menjadi penyebab banjir.
Karena air yang mengalir ini akan mencari tempat yang lebih rendah.

Jika daerah kita lebih rendah kemungkinan akan mendapat kiriman air. Dan jika lingkungannya sudah rusak maka banjirpun tidak akan bisa terelakan lagi.

Untuk itu kita perlu menjaga lingkungan agar peristiwa banjir tidak mengenai daerah kita. Bisa dengan cara membuat sumur resapan, menanam pohon, membersihkan selokan, dll.
Share:

1 komentar:

  1. wahh, lumayan nih mas pengetahuan hihi, banjir juga emang karna kesalahan manusia itu sendiri mas hehe.

    Komen And Visit back gan ke Klik Disini Gan

    BalasHapus

Blog Archive