Minggu, 03 November 2019

Perbedaan SSD NVME, SATA dan M.2

SSD semakin dipilih para pengguna PC sebagai storage Operating Sistem. Hal ini dikarenakan kecepatan dan kestabilan dibanding menggunakan HDD Disk. Namun sebelum membeli SSD tersebut saat ini terdapat 3 tipe SSD yang bisa digunakan. Antara lain NVME, SATA, M.2.

Dari tipe-tipe tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masih. Yuk kita ulas ketiga tipe SSD tersebut.

1. NVME
Koneksi NVMe memungkinkan SSD untuk memiliki jalur data yang dibaca langsung dari slot PCI-E tepat pada motherboard. Drive menarik daya langsung melalui motherboard. Karena tanpa kabel seperti SATA maka kecepatannya pun lebih tinggi. Harganya pun lebih tinggi dari SSD SATA.


2. SATA
Koneksi SATA pada SSD membutuhkan kabel untuk data data daya. Seperti halnya HDD biasa, hanya saja ini diganti SSD. Untuk orang-orang yang simple, tentunya lebih suka jenis M.2. Karena kecil dan gak ada kebel yang berantakan di casing.


3. M.2
SSD M.2 adalah istilah yang digunakan untuk menamai bentuk SSD. M.2 berbentuk seperti wafer panjang, yang langsung ditancapkan ke motherboard. Sehingga tidak memerlukan kabel lagi seperti koneksi SATA. 


Sekian penjelasan singkat dari tipe SSD tersebut. Semoga bisa jadi referensi sebelum membeli SSD untuk PC kesayangan.

0 komentar:

Posting Komentar